Selasa, 14 April 2015

Sumber : google image
Mungkin, para Rekan sempat bertanya - tanya darimana asal - usul asap cair itu. Mendadak, di situs agrobisnis lain maupun artikel yang memuat tentang Agrikultur, tiba - tiba saja asap cair mencungul tanpa pamit hingga sudah jadi trending topic bagi Anda. 

Dan ternyata, asal usulnya asap cair phyrolisis pertama kali dikenalkan oleh Prof.Dr.Ir.Purnomo Sudarmadji, M.Sc di Fakultas Teknologi Pertanian UGM pada tahun 1995, setelah melakukan riset S3 di Jepang. 

Nah, para Rekan yang cerdas dan baik hatinya. Dari mana sih asap cair itu? Apa itu karena kebakaran besar lalu turun hujan hingga  asapnya mencair? Tentu tidak. Asap cair merupakan asap hasil pembakaran dari suatu bahan kering yang diphyrolisa dan dikondensasi/didinginkan sehingga berubah menjadi cairan. Prinsip kerja dari pembuatan asap cair ini adalah Pembakaran bahan hingga timbul asap dari bahan tersebut dengan suhu pembakaran 4000C selama 3 jam, asap cair yang timbul didinginkan dan akan terbentuk asap cair.

Bahan baku yang banyak digunakan antara lain berbagai macam jenis kayu, bongkol kelapa sawit, tempurung kelapa, sekam, ampas atau serbuk gergaji kayu dan lain sebagainya. Selama pembakaran, komponen dari kayu akan mengalami pirolisa menghasilkan berbagai macam senyawa antara lain fenol, karbonil, asam, furan, alkohol, lakton, hidrokarbon, polisiklik aromatik dan lain sebagainya. Asap cair mempunyai berbagai sifat fungsional, seperti ; untuk memberi aroma, rasa dan warna karena adanya senyawa fenol dan karbonil ; sebagai bahan pengawet alami karena mengandung senyawa fenol dan asam yang berperan sebagai antibakteri dan antioksidan, sebagai bahan koagulan lateks pengganti asam format serta membantu pembentukan warna coklat pada produk sit. 

Lalu, apa saja yang dikandungnya? Asap Cair mengandung beberapa komponen senyawa kimia, diantaranya adalah :
1)   Fenol
Sebagai anti oksidan, sebagai pemberi cita rasa dan pewarnaan, serta sebagai anti bakteri
2)   Karbonil
Sebagai anti bakteri, sebagai pemberi cita rasa
3) Angka Asam
Perlu diketahui sebagai sifat daya tahan Asap Cair dan tingkat kejenuhan saat digunakan sebagai bahan konsumsi.

Cara membuatnya? Ups, tidak akan kami bahas di artikel ini. Nanti akan kami bahas di lain episode. Taraaaa... semoga bermanfaat :D

Anda penasaran bagaimana sih asap cair itu? 
Anda juga tertarik membeli dan mencoba khasiatnya?
Kami READY STOCK asap cair dan Anda tingga hubungi :

Winda (CP) : 081945358134 atau (0341) 7360055
WA : 087701494901

SEGERA!

____________________
sumber : https://ghentur11yougha.wordpress.com
               wikipedia.org

1 komentar:

Salam Hangat

Selamat datang!
Selamat menjelajah dunia Pertanian, Peternakan serta Perkebunan di blog kami!
Butuh produk kami?
Hubungi : Winda (0341) 7360055 atau 081945358134

Kontributor

AGROBAGUS @2015. Diberdayakan oleh Blogger.

Jam Berapa Ya?

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget